December 02, 2013

T1 : Game Menjatuhkan Dadu dengan Bola - OGRE 3D Game Engine

LANDASAN TEORI

Game

        Game atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai permainan mengandung arti "kelincahan intelektual" (intellectual playability). Game juga bisa diartikan sebagai arena keputusan dari aksi pemainnya karena ada target-target yang ingin dicapai, kelincahan intelektual pada tingkat tertentu juga merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal. Pada era globalisasi  saat ini, para pengelola industri game berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih nyata dan menarik untuk para pemainnya. Hal inilah yang membuat perkembangan game di komputer sangat cepat. Sehingga game bukan hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang atau sekedar hobi, melainkan sebuah cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat intelektual para penggunanya bahkan sebagai sebuah lapangan pekerjaan.

Game Engine

       Game Engine dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai mesin permainan, adalah sebuah sistem software yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu video game. Terdapat banyak sekali game engine yang dirancang untuk bekerja pada beberapa konsol video game dan sistem operasi dektop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. Fungsi utama yang secra khusus disediakan oleh game engine meliputi mesin render (renderer) untuk grafik dua dimensi atau tiga dimensi, mesin fisika, deteksi tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi dan layar grafik.
         Banyak sekali game engine yang ada sekarang ini, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Berikut masing-masing 10 contoh game engine yang gratis dan berbayar.
Game engine gratis
1.   OGRE
2.   Irrlicht
3.   Panda3D
4.   Crystal Space
5.   JME
6.   Blender Game Engine
7.   Reality Factory
8.   The Nebula Device 2
9.   RealmForge
10. OpenSpaceGraph

Game engine berbayar
1.   C4 Engine
2.   Torque Game Engine
3.   3DGameStudio
4.   TV3D SDK 6.5
5.   Leadwerks Engine 2
6.   Unity
7.   DX Studio
8.   Neo Axis Engine
9.   Visual3D.NET Game Engine
10. Esenthel Engine

Karakter pada Game Menjatuhkan Dadu dengan Bola

         Dalam game "Menjatuhkan Dadu dengan Bola" ini terdapat dua objek yang utama, yaitu dadu dan bola. Di sini terdapat  satu bola yang berwarna merah yang bertugas untuk menjatuhkan dadu dengan tepat sasaran. Diharapkan untuk sekali lemparan, bola dapat menjatuhkan semua dadu.
            Sedangkan objek utama yang kedua ialah dadu. Dadu yang berbentuk kotak dan bertuliskan nilai "10" ini ada enam buah dalaqm permainan ini. Keenam dadu tersebut tersusun secara rapih dan teratur membentuk sebuah piramida di atas sebuah alas menyerupai meja.

Reference

Selanjutnya >> T2

Selanjutnya >> T3

Nama Kelompok:

  1. Andre Pramana Putra (50410727)
  2. Fabiola Nur Islamiyah (52410462)
  3. Fauzan Mulya Adiputra (52410642)
  4. Fitria Ariestasari (52410844)
  5. Mutiara Yulianingsih (54410887)
3 IA 14

No comments: