December 02, 2013

T2 : Game Menjatuhkan Dadu dengan Bola - OGRE 3D Game Engine

SOFTWARE YANG DIGUNAKAN

Dalam bab ini akan dibahas mengenai software-software yang digunakan dalam pembuatan game “Menjatuhkan Dadu dengan Bola” satu persatu. Software yang digunakan tersebut diantaranya adalah OGRE 3D Game Engine, 3DS Max, OgreSceneMaxExporter, Visual C++, Ogre SDK, dan Direct X SDK.

OGRE 3D Game Engine

            OGRE merupakan singkatan dari Object-Orinted Graphics Rendering Engine yang merupakan game engine fleksibel yang berbasis scene ditulis dengan bahasa C++ didesain agar lebih mudah dipakai oleh para developer untuk memproduksi game dan demo yang menggunakan hardware 3D. Library kelas menggambarkan semua rincian dari penggunaan sistem library seperti Direct3D dan OpenGL yang menyediakan sebuah antarmuka berbasis pada objek dunia dan kelas intuitif lainnya.

1. Fitur-fitur OGRE

    Fitur OGRE:
  • Sederhana, mudah digunakan OO antarmuka yang dirancang untuk meminimalkan upaya yang diperlukan untuk membuat adegan 3D, dan menjadi independen dari 3D Direct3D/OpenGL yaitu implementasi. Contoh Extensible membuat kerangka mendapatkan aplikasi Anda berjalan cepat dan sederhana.
  • Persyaratan umum, seperti pemusnahan spasial, berhubungan dengan transparansi dilakukan untuk anda secara otomatis menghemat waktu Anda yang berharga.
  • Rapih, desain rapi dan dokumentasi penuh dari semua kelas mesin.
  • Terbukti, mesin stabil digunakan dalam beberapa produk komersial.
  • Direct3D dan dukungan OpenGL.
  • Mendukung OS Windows (semua versi besar), Linux dan Mac OSX.
  • Membangun pada Visual C + + dan Code:: Blocks pada Windows.
  • Membangun di 3 gcc + di Linux / Mac OSX (menggunakan Xcode).
2. Kelebihan dan Kekurangan OGRE

    Kelebihan yang terdapat pada Ogre diantaranya adalah:
  • Gratis (Freeware).
  • Open source, dapat dikembangkan secara bebas.
  • Dapat memilih render yang diinginkan, OpenGL atau DirectX.
  • Kemungkinan kinerja OGRE dalam scene culling lebih baik.
  • Dapat dirender dengan baik meskipun dengan kartu grafis bawaan Intel.
  • Mempunyai komunitas yang besar.
     Dan kekurangan yang terdapat pada Ogre adalah:
  • Hanya sebuah rendering engine tidak dilengkapi dengan tool jaringan, suara dan lain sebagainya.

3Ds Max

         3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor tiga dimensi dan animasi, yang ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix). Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio for DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max terbaru samapi tahun ini adalah 3Ds Max Autodesk versi 8.
         Interface pada 3Ds Max dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu Title Bar, Menu Bar, empat buah Viewport, Control Panel, Time Slider, Viewport Configuration Control.
Gambar Interface 3Ds Max

1. Title Bar
    
    Title Bar adalah judul atau halaman yang sedang aktif atau yang sedang digunakan.

2. Menu Bar
    
    Menu Bar berisikan tool-tool seperti move, rotate, scale, array, rendering dan tool lainnya yang umum dan sering digunakan. Di atasnya terdapat property toolbar seperti menu file, edit, tools, dan lainnya, dari sini dan dapat mengantar dan memilih seluruh fasilitas-fasilitas yang ada di dalam 3ds max.

3. Viewport
  
    Viewport adalah area Anda untuk bekerja seperti pengeditan dan pembentukan obyek.
  • Viewport Top. Digunakan untuk melihat tampilan dari atas.
  • Viewport Left. Digunakan untuk melihat tampilan dari samping kiri.
  • Viewport Front. Digunakan untuk melihat tampilan dari depan.
  • Viewport Perspective. Digunakan untuk melihat tampilan secara perspektif.
4. Time Slider

    Time Slider berfungsi untuk menunjukkan atau membaca frame yang sedang berlangsung. Tool ini digunakan untuk memproses animasi.

5. Command Panel

    Berisikan perintah-perintah yang terdapat di dalam 2d max secara langsung, misalnya membuat objek, pengeditan objek, display, utility dan perintah lainnya.

6. Object Categories

    Fasilitas ini terdapat dalam tab Create yang berfungsi untuk membuat berbagai macam objek. Objek-objek yang ada merupakan objek yang umum dan sering dilihat di sekitar kita dan juga terdapat perintah-perintah yang mendukung untuk proses pemodelan.

7. Time Control

    Sama seperti aplikasi animasi lainnya, 3d max terdapat time control untuk mengatur proses animasi Anda.

8. Viewport Navigation Control

    Berisikan fitur-fitur yang berfungsi untuk melakukan pengaturan terhadap viewport Anda seperti menggeser Viewport, Zoom All, Zoom Extens All, dan fungsi lainnya.


Ogre Scene Max Exporter

      Pada umumnya objek yang dibuat pada 3Ds Max merupakan file dengan ekstensi .3ds. Sedangkan Ogre hanya bisa memproses objek dengan ekstensi file .mesh. Oleh karena itu dibutuhkan software tambahan yang dapat digunakan untuk mengkonversi objek dengan ekstensi file .3ds ke .mesh. Di sini software yang dapat digunakan adalah Ogre Max Exporter.

Visual C++


        Visual C++ adalah sebuah produk Integrated Development Environment (IDE) untuk bahasa pemrograman C dan C++ yang dikembangkan Microsoft. Visual C++ merupakan salah satu bagian dari paket Microsoft Visual Studio.
        Visual C++ dapat berjalan lebih cepat pada windows karena hanya memerlukan memori yang kecil. Dalam hal ini, Ms. Visual Basic. ini menjadi salah satu alasan Ms. Visual C++ lebih dipilih programmer untuk membuat berbagai aplikasi dekstop maupun antivirus.


OGRE SDK
       
    SDK (Ogre Software Development Kit) sendiri merupakan alat untuk pengembangan piranti lunak. Dalam kata lain, Ogre SDK merupakan alat untuk pengembangan software pada game engine itu sendiri, yaitu Ogre.

Direct X SDK

       DirectX (atau bisa disebut Direct3D) adalah kumpulan API untuk menangani berbagai tugas dalam pemrograman multimedia khusunya permainan komputer dalam sistem operasi Microsoft Windows. DirectX sendiri merupakan gabungan dari Direct3D, DirectDraw, DirectMusic, DirectPlay, dan DirectSound. DirectX SDK dapat diperoleh secara cuma-cuma dari Microsoft.


Reference




Nama Kelompok:

  1. Andre Pramana Putra (50410727)
  2. Fabiola Nur Islamiyah (52410462)
  3. Fauzan Mulya Adiputra (52410642)
  4. Fitria Ariestasari (52410844)
  5. Mutiara Yulianingsih (54410887)
3 IA 14

No comments: