December 02, 2013

T3 : Game Menjatuhkan Dadu dengan Bola - OGRE 3D Game Engine

CONTOH KASUS


Di sini akan dijelaskan cara membuat permainan atau game dengan menggunakan Ogre 3D engine. Ogre 3D hanya sebagai perender hasilnya. Sedangkan untuk coding dan memetakan objeknya dibutuhkan bantuan dari aplikasi lain seperti Visual C++, 3D Max dan converter objeknya. Permainan yang dibuat di sini adalah “Game Menjatuhkan Dadu dengan Bola”. Berikut akan dijelaskan langkah-langkah pembuatannya.
Pertama-tama lakukan instalasi pada software 3D max terlebih dahulu, versi yang digunakan di sini adalah 3D Max 2008. Kemudian install Converter 3D to mesh, yaitu OgreMaxSceneExporter. Software ini digunakan untuk merubah objek berekstensi .max, .3ds, dan lain-lain menjadi file berekstensi .mesh.
Kemudian membuat objek yang nantinya akan digunakan, yaitu sebuah bola dan enam buah dadu menggunakan 3Ds Max. Kemudian simpan ketujuh objek tersebut. Konversi objek yang telah dibuat ini dengan cara klik File – Eksport, setelah itu pilih format berekstensi .mesh agar objek yang dibuat ini dapat dibuka pada Ogre3D.
Berikutnya lakukan instalasi pada beberapa software pendukung yang dibutuhkan seperti Visual C++, Ogre SDK, dan Direct X SDK. Setelah itu masukan objek yang sudah dikonversi berekstensi .mesh tadi ke Ogre SDK yang telah diinstal. Pada umumnya, Ogre SDK ini terdapat pada direktori C dan cari folder Ogre SDK. Pilih media – model, lalu tempatkan objek yang dibuat ke tempat itu.
Buka visual studio 2008 – create new project – Visual C++ win32 console application, berikan nama pada project yaitu gameKu.cpp dan klik OK, kemudian next. Pada bagian Application type pilih Windows Application dan pada bagian Additional options pilih empty project. Selanjutnya akan dibuat item pada project yang telah dibuat sebelumnya, pada menu Project –add new item – C++ File (.cpp) – beri nama main – klik Add. Maka secara otomatis akan muncul editor tempat menulis script cpp. Berikut adalah link untuk script yang digunakan.
Buat item baru kembali untuk Header File (.h) dan masukkan script dari link ini kembali.
Copy folder Media dan folder bin pada Ogre SDK di default path installation tempat menginstal Ogre ke folder workspace tempat project yang dibuat berada. Kemudian konfigurasikan path pada file resources.cfg pada folder debug dan resources.cfg pada folder release. Ganti bagian ../../ .. dengan path tempat default path installation tadi. Setelah konfigurasi ini selesai, berikutnya lakukan konfigurasi pada properties project. Pada jendela solution explorer, klik kanan nama project lalu pilih menu properties. Lakukan konfigurasi seperti ketentuan di bawah ini.
Pada debug active:
Debugging : Working Directory = ..\bin\Debug
Linker : General : Output File = ..\bin\Debug\hello.exe
Linker : Input : Additional Dependencies += OgreMain_d.lib
Linker : Input : Additional Dependencies += OIS_d.lib
Linker : General : Additional Library Directories = $(OGRE_HOME)\lib
C/C++ : General : Additional Include Directories =
..\include;$(OGRE_HOME)\include;$(OGRE_HOME)\samples\include

Lakukan juga pengaturan untuk folder Release, tetapi ganti bagian OgreMain_d.lib dan OIS_d.lib di atas menjadi OgreMain.lib dan OIS.lib.

            Konfigurasi selesai dilakukan. Lakukan running program dengan menekan tombol F5 pada keyboard. Maka akan muncul tampilan “OGRE Engine Rendering Setup”. Pilih Direct 3d9 Rendering Subsystem, maka hasil gambar berupa windows application akan keluar seperti ini.
Game Menjatuhkan Dadu dengan Bola

Reference

Sebelumnya >> T1

Sebelumnya >> T2

Nama Kelompok:
  1. Andre Pramana Putra (50410727)
  2. Fabiola Nur Islamiyah (52410462)
  3. Fauzan Mulya Adiputra (52410642)
  4. Fitria Ariestasari (52410844)
  5. Mutiara Yulianingsih (54410887)
3 IA 14

No comments: