March 22, 2012

-Sisi Lain 4sq-




Kelebihan dan Kekurangan
 
Setiap jejaring social, pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu pula foursquare. Kelebihan-kelebihan yang saya alami sendiri saat memakai foursquare diantaranya kita bisa mengetahui tempat-tempat menarik yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Kita pun juga bisa berbagi informasi mengenai tempat-tempat menarik sedang kita kunjungi. Selain itu, kita juga bisa mengetahui tempat-tempat apa saja yang ada di sekitar kita pada saat check in di suatu tempat. Ada juga penawaran menarik seperti mendapatkan diskon beberapa persen untuk belanja ataupun gratis biaya parkir di tempat tertentu. 

Namun dibalik kelebihan-kelebihan yang ditawarkan foursquare, ada pula kelemahan-kelemahannya. Jejaring social yang satu ini mengharuskan kita untuk mempunyai gadget yang di dalamnya terdapat GPS. Jadi bisa dibilang untuk mengakses foursquare dibutuhkan biaya yang mahal.

Keamanan atau Security

Di foursquare kita bisa mengatur sendiri pengaturan privasi yang kita inginkan. Misalkan saja apakah kita memperbolehkan teman-teman kita untuk melihat nomor ponsel dan email address kita atau tidak. Jika anda mempunyai akun twitter ataupun facebook yang di hubungkan kea kun foursquare anda, anda pun bisa mengaturnya untuk menampilkan semua aktivitas anda di foursquare atau tidak.

Selama orang lain tidak mempunyai nomor ponsel ataupun email dan password akun foursquare anda, saya rasa akun anda akan aman dan tidak dibajak oleh orang lain.

Pemanfaatan dan Pengembangan Masa Depan

Saya rasa pemanfaatan dan pengembangan foursquare di masa depannya adalah sebagai alat pencarian lokasi yang efektif. Karena yang menggunakan situs ini tidak hanya perorangan saja, tetapi beberapa tempat penting yang biasanya kita butuhkan sehari-sehari pun seperti rumah sakit, gedung-gedung pemerintahan, tempat makan dan tempat-tempat terdekat lainnya yang mungkin sangat kita butuhkan bisa cepat ditemukan dengan bantuan GPS yang ada. Selain bantuan GPS, biasanya juga terdapat alamat lengkap dari tempat yang ingin kita ketahui itu. 

Jadi dengan kata lain, selain kita bisa berkomunikasi dengan teman-teman dengan mudah, kita juga bisa mengetahui tempat-tempat yang sewaktu-waktu kita butuhkan keberadaannya dengan efektif. Tentu saja ini merupakan salah satu alat bantu yang bisa dibilang penting bagi kita di masa depan nanti.

No comments: