October 21, 2013

Bisnis Informatika (Biznet)

Seiring dengan perkembangan teknologi di bidang informatika yang sangat pesat, banyak orang memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut sebagai peluang bisnis yang menjanjikan untuk digeluti. Tidak hanya sekedar untuk dijadikan sebagai kebutuhan penunjang dalam setiap kegiatan yang dilakukan tetapi juga menjadi lading untuk mencari uang. Baik usaha yang dilakukan dari skala kecil maupun dengan skala besar. Tanpa kita sadari bisnis ini sudah menjamur di lingkungan sekitar kita bahkan tanpa sadar kita telah melakukan bisnis IT tersebut. Contohnya saja yang biasa digunakan dan sering kita temui adalah warnet (warung internet). Karena di dalam warnet tersebut yang dijual adalah jasa penyewaan komputer dengan koneksi internet yang selalu tersambung di dalamnya. Karena komputer dan internet tersebut merupakan salah satu dari perkembangan IT yang ada, maka warnet bisa dikategorikan sebagai bisnis IT.

Apa sih bisnis IT?

Menurut kamus bahasa Indonesia, kata ‘bisnis’ sendiri dapat diartikan sebagai usaha komersial dalam perdagangan; bidang usaha; usaha dagang; bekerja di bidang --. Sementara IT (Information Technology) atau yang biasa dikenal sebagai teknologi informatika bisa diartikan sebagai suatu system yang menggunakan teknologi informasi. Sehingga dapat ditarik kesimpulan Bisnis Informatika merupakan suatu usaha dagang (jual-beli) yang melibatkan teknologi informasi.

Contoh

Salah satu perusahaan yang memanfaatkan kemajuan IT sebagai bisnis adalah Biznet. Berikut akan saya jelaskan lebih lanjut tentang profil, sejarah, layanan, fasilitas, omzet, karyawan, user, kantor, management team dan kontak dari perusahaan ini.

Biznet

Adalah perusahaan yang fokus di bisnis telekomunikasi dan multimedia. Biznet memiliki misi untuk berkomitmen dalam membangun infrastruktur telekomunikasi dan multimedia modern untuk menunjang penduduk Indonesia, bisnis dan pendidikan. Dan bervisi menjadi penyelenggara telekomunikasi dan multimedia terkemuka di Indonesia dengan memberikan jaringan dengan kemampuan tinggi, customer care yang ramah dan inovasi layanan dengan menggunakan teknologi terkini.

  •     Milestone

Biznet Networks berdiri pada tahun 2000 sebagai Internet Provider Service yang menyediakan kebutuhan internet untuk pelanggan bisnis. Pada tahun 2000, Biznet menggunakan teknologi Wireless dan In-Building Ethernet. Munculnya kebutuhan akan infrastruktur jaringan yang andal membuat Biznet paham bahwa banyak perusahaan yang tergantung pada keandalan infrastruktur untuk bisnis mereka. Lewat penelitian dan pengembangan, tim Biznet Networks Engineering Labs menganggap bahwa serat optik adalah jaringan terbaik dan tak lama setelah itu mulai merentang kabel serat optik di seputar Jakarta. Pada tahun 2006 Biznet Engineering Labs telah menciptakan Biznet Metro – Carrier Grade Metro Ethernet Network pertama di Indonesia. Di tahun 2007, Biznet Engineering Labs meluncurkan Biznet Metro FTTH, jaringan Fiber Optic yang sampai ke perumahan dan bisnis pertama di Asia Tenggara.



  •     Layanan

Biznet menawarkan keseluruhan jasa layanan yang berhubungan dengan internet sesuai dengan permintaan customer, dengan harga yang kompetitif untuk jasa layanan network, internet, dan voice. Biznet juga menyediakan jasa komputasi awan pada 2010 yang dikhususkan bagi kalangan korporasi. Jasa ini terdiri dari tiga layanan, yaitu hosting, server dan storage. Berdasarkan kutipan dari wawancara suarapengusaha.com, harga dari jasa-jasa tersebut mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 125 juta per bulan. Customer Care dan Network Operation Center dari Biznet siap selama 24 x 365 jam untuk memastikan network selalu dalam kondisi terkoneksi pada saat tersibuk setiap waktu. Customer dapat menghubungi Biznet melalui telepon, email atau live chat.

  •     Fasilitas
Pusat Operasi Jaringan
Biznet Network Operation Control (NOC) yang berlokasi di Midplaza Building dilengkapi dengan peralatan tercanggih yang ada saat ini. Biznet menggunakan router dan switch redudan berperforma tinggi yang dibuat oleh Cisco Systems. Konfigurasi jaringan pada perusahaan ini juga menggunakan switch penyeimbang beban yang dibuat oleh Foundry System. Firewall redudan digunakan untuk melindungi sistem komputer Biznet. Jantung dari Server Farm Biznet adalah IBM NetFinity Server. Mesin cache kelas atas buatan Network Appliance menjamin sistem cache berperforma tinggi untuk menghemat penggunaan bandwidth.
Pusat Data Biznet
Biznet menyediakan rak 42U dank lien bisa memilih ruang yang cocok untuk menyimpan peralatan mereka. Secure cage juga tersedia untuk akses keamanan yang lebih terjamin ke peralatan.

  •     Omzet

Dengan modal awal US$ 5 juta, dari Bandung (bisnis-jabar.com) – PT Supra Primatama Nusantara (Biznet Networks), perusahaan telekomunikasi dan multimedia raih omzet berkisar 35% - 40% pada kuartal I/2013. Keuntungan tersebut diperoleh dari dua wilayah yang diakuisisi Biznet Bandung yaitu Karawang dengan segmen corporate dan Bandung dengan segmen retail.

  •     User

Hingga saat ini, sudah ada 60.000 pelanggan Biznet. Dari jumlah itu, sekitar 90 persennya berasal dari kalangan korporasi, seperti BCA, Bank Mandiri, Coca Cola, AC Nielsen dan banyak lagi deretan perusahaan ternama lainnya. (suarapengusaha.com)

  •     Karyawan

Lebih dari 500 karyawan yang bekerja pada Biznet Networks.

  •     Kantor

Biznet memiliki beberapa kantor dan cabang di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, Bali, Bandung, Malang, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta. Dan akan diperluas di beberapa kota utama lainnya.

  •    Management Team

Adi Kusma, President Director
Kristian Kawiran, Director
Husin Suhaidi, Director

  •     Kontak

PT. Supra Primatama Nusantara
MidPlaza 2, lantai 8. Jl Jend. Sudirman Kav 10-11. Jakarta 10220 – Indonesia.
Telepon: +62-21-57998888 Fax: +62-21-5700580
Web: www.biznetworks.com

Reference: 

No comments: