October 29, 2010

About BAAK

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمِ
 
Kali saya akan menjelaskan "About BAAK Universitas Gunadarma"
 
-BAAK Online UG-
  BAAK Online Universitas Gunadarma itu bisa juga disebut sumber informasi untuk segala aktivitas perkuliahan yang ada di Universitas Gunadarma di seluruh kampus, fakultas,dan jurusan. dari situs ini para mahasiswa Gunadarma bisa mengakses kegiatan-kegitan yang paling update di kampus. Dan situs ini sih klo menurut saya pasti sangat ngebantu banget buat mahasiswa Gunadarma, karena kita tidak harus datang ke kampus untuk tahu informasi-informasi seputar kampus.
   BAAK Online adalah biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di Universitas Gunadarma dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma. Bagian yang terdapat di BAAK antara lain :
  1. BAAK Fakultas (Ilmu Komputer, Ekonomi, Teknik Sipil & Perencanaan, Teknologi Industri, Psikologi, dan Sastra);
  2. Bagian Ujian Semester dan Bank Soal;
  3. Bagian Koordinasi Perkuliahan
    • Sub Bagian Jadwal Kuliah;
    • Sub Bagian Koordinasi Mata Kuliah dan Penasihat Akademik;
    • Sub Bagian Penghubung dan Pendamping Dosen.
  4. Bagian Monitoring Kuliah.
    • Sub Bagian Monitoring Kehadiran Dosen;
    • Sub Bagian Monitoring Kehadiran Mahasiswa.
    Sekarang saya akan mencoba menjelaskan fitur-fitur yang terdapat di situs BAAK Online ini. yang pertama "Home", bagian ini merupakan halaman utama dari situs ini. Biasanya ditampilkan berita-berita update seputar kegiatan-kegiatan di kampus dan juga kalender akademik, jadwal akademik, info mahasiswa baru, pencarian data, news, perkuliahan dan ujian, serta administrasi akademik. Jadi dari baigian Home ini kita sudah bisa mengetahui berita-berita terupdate.
    Kemudian ada "Tentang BAAK". Bagian ini menjelaskan BAAK secara umumnya. Dibagian ini terdapat penjelasan seputar profil BAAK, struktur BAAK, dan lokasi BAAK. Nah dari struktur BAAK-nya sendiri dijelaskan lagi persub-subnya. Mulai dari sub fakultas, sub koordinasi perkuliahan, monitoring perkuliahan, sampai sub ujian. Jadi udah lumayan jelas dan ngerti tentang BAAK nih kalo sudah membuka Tentang BAAK ini.
     Lalu ada lagi bagian yang namanya "FAQ". FAQ ini bisa dibilang juga link yang akan menyambungkan kita ke UGPedia. Isi dari UGPedia itu sendiri juga tidak jauh dari penjelasan-penjelasan seputar BAAK juga. Tapi kalo di UGPedia ini biasanya digunakan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar Gunadarma.
     Ada lagi bagian yang lainnya, yaitu "Situs SAP". Hampir mirip dengan fungsi FAQ, bagian ini merupakan link untuk kita tersambung ke bagian SAP Online.
     Selanjutnya adalah bagian "Buku Pedoman". Pada bagian Buku Pedoman ini terdapat file-file pdf yang bisa di download langsung. Buku-buku pedoman itu diantaranya ada buku pedoman penyusunan silabus, penyusunan SAP, proses belajar mengajar, PA & wali kelas, kemajuan belajar, tata krama dosen, serta tata krama mahasiswa. 
     Dan yang terakhir adalah bagian "Situs Jurusan". Bagian ini akan menghubungkan kita ke situs masing-masing fakultas yang ada di Universitas Gunadarma seperti fakultas Ilmu Komputer, Ekonomi, Teknik Sipil & Perencanaan, Teknologi Industri, Psikologi, serta fakulltas Sastra. Misalnya ketika kita buka "Situs Jurusan" maka ada pilihan untuk memilih fakultas-fakultas tadi, kemudian kita juga bisa memilih jurusan yang kita kehendaki, setelah kita mengklik jurusan tersebut maka kita akan tersambung ke situs jurusan yang kita pilih tadi.
      Nah, itu dia penjelesan About BAAK Online Universitas Gunadarma. Semoga bermanfaat bagi kalian semua yang ingin mengetahui BAAK Online lebih jauh lagi. Jika ada yang salah ataupun kurang, kalian bisa memberikan comment posting ini.. Terima Kasih..
^.^ v 

Reference:
  • http://baak.gunadarma.ac.id
  • http://ugpedia.gunadarma.ac.id

No comments: