January 04, 2015

for my work

Why e-commerce?
Indonesia merupakan salah satu Negara dengan penggunaan internet terbanyak di dunia. Indonesia menempati peringkat ke-13 dari 198 negara yang telah diriset pada Juli 2014.[1] Oleh karena itu penggunaan fasilitas internet dalam melakukan bisnis di Indonesia merupakan langkah yang menguntungkan khususnya untuk pemasaran lokal di Indonesia. Salah satu media untuk berbisnis menggunakan internet adalah e-commerce. Dengan e-commerce maka pemasaran produk yang akan dijual lebih mudah. Pelanggan pun juga dimudahkan karena dapat membeli barang yang diinginkannya tanpa harus beranjak dari tempatnya berada sekarang.
[1] http://www.internetlivestats.com/internet-users-by-country/ Elaboration of data by International Telecommunication Union (ITU) United Nations Population Division, Internet & Mobile Association of India (IAMAI), World Bank. 
July 1 2014 Estimate
Why electronics?
Why JABODETABEK?
Data dari google trends untuk pencarian dengan keyword “e-commerce” di Indonesia dari awal tahun 2012 sampai dengan akhir tahun 2014 paling banyak digunakan oleh masyarakat di provinsi Jawa Barat dan Jakarta. Sedangkan untuk pencarian dengan keyword beberapa nama brand seperti Panasonic, Sharp, Electrolux, dan Philips yang memiliki related search dengan barang-barang elektronik rumah tangga dalam 1 tahun terakhir ini paling banyak digunakan oleh masyarakat di provinsi Banten, Jakarta, dan Jawa Barat. Oleh karena itu dipilihlah daerah JABODETABEK untuk lokasi pemasarannya.


Who we are?
Machi Electronics, machi dalam bahasa Indonesia berarti kota. Dengan kata lain machi electronics adalah kota elektronik. Seperti namanya, ME menjual barang-barang elektronik yang dikhususkan kepada peralatan elektronik rumah tangga.
Website procedure
Installment payment
Concept design
Fonts
Serif fonts are typically easier to read within print, it is considered Sans-Serif fonts are easier to read on screen. This is partly because interlaced screens have shown twittering on the fine details of the horizontal serifs. Additionally, on lower-resolution digital displays, fine details like serifs may disappear or appear too large. So, we choose sans-serif font-family in ME website. We use two kinds of sans-serif fonts, Myriad and Helvetica.
Because of its readability and accessibility, Myriad – and now Myriad Pro – has been adopted by a wide variety of small and large companies alike. Noteworthy companies using the Myriad typeface include Apple, Wells Fargo, Modern Telegraph, Nippon Airways and various North American universities (including the University of Nevada and the University of Ottawa). Additionally, recent additions to the Myriad fold include Walmart’s corporate rebranding in 2008.
Helvetica is among the most widely used sans serif typefaces and has been a popular choice for corporate logos, including those for 3M, American Airlines, American Apparel, BMW, Jeep, JCPenney, Lufthansa, Microsoft, Mitsubishi Electric, Orange, Target, Toyota, Panasonic, Motorola, Kawasaki and Verizon Wireless. Apple has incorporated Helvetica in the iOS® platform and the iPod® device. Helvetica is widely used by the U.S. government, most notably on federal income tax forms, and NASA selected the type for the space shuttle orbiters.
Colors
For combination color, we use tetrad color harmony of basic color identity from ME’s logo : #36C799
     




Style
We use clean and modern style of website design.
Target audience
SWOT analysis

Machi-Electronics
Electronic City
Electronic Solution
Strengths
Multi-languages
Eye-catching
Compare feature
Social media share
Related products feature
Tips and tricks window
Responsive website
Clear design
Social media special window
Responsive website
Have landing page
Multi-languages
Social media special window
Responsive website
Weaknesses

Too much slider or effects
There isn’t language selection

Slow data loading
A lot of pictures not loading
The color is not match and too dark
Opportunities
Get customer all around Indonesia
Get the trust from customer
Get more customer from social media sharing
Get more customer from social media
Get more customer from social media
Threats
Other e-commerce
Other e-commerce
Other e-commerce

Issue
Machi Electronics adalah salah satu toko elektronik besar di Jepang yang menjual berbagai peralatan elektronik rumah tangga. Di tahun ini, ME ingin menambah toko cabangnya di Indonesia. Di Indonesia sendiri pasar bagi produk-produk elektronik terus bertumbuh seiring dengan peningkatan daya beli masyarakat menyusul bertambahnya kelas menengah di Indonesia. Menurut data dari Kementrian Perindustrian, penjualan produk elektronik pada Februari 2013 psebesar Rp 2,4 triliun, tumbuh 20% dibandingkan Februari 2012. Dan penjualan produk elektronik tersebut didominasi oleh peralatan rumah tangga. Oleh karena itu, ME ingin membuka cabangnya di Indonesia.
Dan mengingat ME merupakan toko yang baru di Indonesia, maka diperlukan strategi pemasaran khusus agar dapat dikenal dengan cepat masyarakat. Salah satu hal utama yang diinginkan adalah brand awareness. Jalur tercepat untuk memperkenalkan ME yang baru di Indonesia ini adalah dengan menggunakan fasilitas internet. Mengingat Indonesia merupakan salah satu Negara dengan penggunaan internet terbanyak di dunia. Indonesia menempati peringkat ke-13 dari 198 negara yang telah diriset pada Juli 2014.[1] Oleh karena itu penggunaan fasilitas internet dalam melakukan bisnis di Indonesia merupakan langkah yang menguntungkan khususnya untuk pemasaran lokal di Indonesia. Salah satu media untuk berbisnis menggunakan internet adalah e-commerce. Dengan e-commerce maka pemasaran produk yang akan dijual lebih mudah. Dengan adanya kemudahan ini diharapkan dapat membantu untuk meningkatkan brand awareness dari ME.
[1] http://www.internetlivestats.com/internet-users-by-country/ Elaboration of data by International Telecommunication Union (ITU) United Nations Population Division, Internet & Mobile Association of India (IAMAI), World Bank. 
July 1 2014 Estimate

Dengan menggunakan sistem B2B (Business to Business) yaitu ME bekerja sama dengan  perusahaan lain yang memilki bisnis di bidang elektronik dengan brand yang sudah lama dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Brand-brand tersebut diantaranya Panasonic, LG, Samsung, SONY, Electrolux, Philips, Sharp, dan brand lainnya. Dengan menggunakan brand-brand ini diharapkan ME mendapatkan kepercayaan lebih yang dapat menarik pelanggan untuk berbelanja di ME.





https://www.dropbox.com/s/2gcolvhirtub9v6/Why%20e.docx?dl=0
https://www.dropbox.com/s/debz9ye4epjwyjc/wireframe1.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/s/xmdjg2m42ht0xjv/wireframe.psd?dl=0
https://www.dropbox.com/sh/ixtuoesb8kimjpa/AACxguZtpa8ZiBLSRxxMQOw6a?dl=0
https://www.dropbox.com/s/02ad9dyk7h9q5vx/categories.rar?dl=0 
https://drive.google.com/file/d/0By_11Z4CwJoraVp0ZXNXbTdGTkU/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/0By_11Z4CwJorM21DT3ZMQnlLUXc/view?usp=sharing 
http://www.smashingmagazine.com/2010/01/28/color-theory-for-designers-part-1-the-meaning-of-color/
https://drive.google.com/file/d/0By_11Z4CwJorZGtEejNJNUNtWFk/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/0By_11Z4CwJorT0xWVW8tRFBfdWs/view?usp=sharing
https://docs.google.com/file/d/0By_11Z4CwJorZzY2Y0I0N0w5TEU/edit?usp=docslist_api